Rabu, 04 November 2009

POLITEKNIK NEGERI JAKARTA DIREKOMENDASIKAN MENDAPAT SERTIFIKAT ISO 9001

Pelaksanaan Audit Eksternal ISO PNJ

Setelah mempersiapkan diri dan berjuang lebih dari satu tahun yang lalu, dalam penutupan audit eksternal ISO (4/11/2009) WQA (Wordwide Quality Assurance) merekomendasikan PNJ untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008. Ini merupakan kemajuan yang cukup berarti, karena PNJ telah mengambil langkah strategis dalam hal mutu dan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Dalam ISO tersebut menekankan pada peran pimpinan puncak. Juga perhatian terhadap undang-undang dan peraturan, pembentukan sasaran yang terukur pada setiap tingkat, peningkatan perhatian kepada ketersediaan sumberdaya, penentuan efektifitas pelatihan SDM, pengukuran diperluas pada sistem, proses dan produk, pemantauan terhadap informasi kepuasan pelanggan, analisis data yang terkumpul atas kinerja sistem serta perbaikan berkelanjutan.

Bagian dan jurusan yang diaudit untuk mendapatkan sertifikat ISO antara lain Direktur dan Wakil Manajemen Mutu (WMM), Pudir I-IV, semua UPT yang ada, semua bagian di gedung Direktorat dan Jurusan Administrasi Niaga yang merupakan satu-satunya jurusan yang telah diaudit.

Dari evaluasi audit yang disampaikan auditor pada saat penutupan, memang semua bagian dan jurusan ditemukan kekurangan yang sifatnya minor. Temuan tersebut berkisar pada lemahnya tingkat pemantauan terhadap mutu yang ada. Menurut auditor, sistem pengontrolan mutu harus terus dilakukan. Juga perlunya standarisasi istilah dalam satu instansi. Di Jurusan Administrasi Niaga misalnya pemantauan belum terlihat pada kemajuan materi yang diajarkan. Kelemahan umum ada di bukti yang umumnya belum ada. Pemantauan kesesuaian materi yang diajarkan dosen juga tidak terlihat. Dokumen Terkendali seperti Kurikulum, GBPP dan SAP perlu penyimpanan lebih baik lagi.

Namun semua itu tidak mengurangi penilaian terhadap PNJ untuk mendapatkan sertifikat ISO. Hasil tersebut didapat berkat kerja sama yang baik antar bagian, kerja bareng semua komponen bagian dan jurusan dan semangat untuk ingin maju dan lebih baik lagi. Kini tinggal menunggu hasil pengumuman dan penyerahan sertifikat ISO 9001:2008. SELAMAT!

(prj)

Tidak ada komentar: