Rabu, 05 Agustus 2009

UJIAN MASUK POLITEKNIK NEGERI JAKARTA BERSAMAAN DENGAN PELAKSANAAN KOMPETISI JEMBATAN INDONESIA KE-5

Menjadi Agenda Tahunan Politeknik Negeri Jakarta


Ujian Masuk Politeknik Negeri Jakarta tahun 2009/2010 berlangsung Sabtu, 8 Agustus 2009. Pelaksanaannya bersamaan dengan 22 Politeknik Negeri seluruh Indonesia. Ujian diikuti oleh kurang lebih 2.500 calon mahasiswa. Mereka memperebutkan 795 kursi kuliah di PNJ. Sebelumnya PNJ telah menerima calon mahasiswa dari JSP (Jalur Seleksi Prestasi) dan UBER (Ujian Bersama UI-PNJ). Peserta ujian terdiri dari calon mahasiswa bidang Rekayasa (Teknik) dan Bidang Tata Niaga. Selanjutnya calon yang diterima akan mengikuti Kegiatan Pengenalan Sistem Pendidikan Politeknik (KPSPP) tanggal 17-20 Agustus yang akan datang.

Bersamaan dengan ujian masuk PNJ, diselenggarakan juga Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) antar Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Event ini merupakan yang kelima kali diadakan, kerjasama antara PNJ dengan Ditjen P2M Dikti dengan PNJ. Selain itu untuk pertama kalinya juga diselenggarakan Kontes Bangunan Gedung Indonesia.. Kedua ajang kompetisi mahasiswa ini digelar 8 dan 9 Agustus 2009 di Lapangan Parkir Politeknik Negeri Jakarta, Kampus UI Depok, memperebutkan Trophy Bergilir Menteri Pendidikan Nasional.

KJI ke-5 ini mempertandingkan tiga kategori, yaitu Konstruksi Baja, Konstruksi Kayu, dan Konstruksi Baja Bebtang panjang. Berbagai perguruan tinggi yang menjadi finalis antara lain Universitas Kristen Maranatha, Bandung; Universitas Brawijaya Malang, Politeknik Bengkalis, Politeknik Negeri Bandung, ITB, Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Jember dan tuan rumah Politeknik Negeri Jakarta untuk kategori Jembatan Baja. Sedangkan untuk kategori Jembatan kayu ada ITS, STTNas Yogya, Politeknik Negeri Malang, ISTN.

Selama dua hari berlangsungnya kompetisi Jembatan dan Bangunan Gedung ini, kampus Politeknik Negeri Jakarta menjadi ramai, karena diadakan diareal terbuka dan dihadiri calon mahasiswa PNJ yang berjumlah ribuan.

(dari Puncak oleh prj)

Tidak ada komentar: