Selasa, 26 Agustus 2008

PENYEGARAN BAGI PEMBIMBING AKADEMIK


Suasana Workshop Pembimbing Akademik 26/8

Sehari menjelang Kegiatan Pengenalan Sistem Pendidikan Politeknik (KPSPP) bagi mahasiswa baru PNJ, Selasa 26 Agustus 2008 di Aula PNJ diadakan Kegiatan Workshop setengah hari bagi seluruh Dosen PNJ. Workshop bertema Peningkatan Peran Dosen Pembimbing Akademik Dalam Membentuk Kedisiplinan dan Prestasi Mahasiswa. Kegiatan ini dibuka oleh Pembantu Direktur I Drs. Sri Wahyono MSi mewakili Direktur PNJ diikuti oleh 70% dosen PNJ. Demikian kata Praganif Sukarno, ST selaku Ketua Panitia.
Sebagai pembicara dalam workshop ini Dra. Diennaryati Tjokrosuprihatono MPSi, yang membawakan topik Meningkatkan Kepedulian Dosen PA kepada Mahasiswa dan Permasalahannya. Pembicara yang juga Wakil Dekan Nonakademik FPSi UI ini banyak memberikan contoh-contoh bagaimana mengatasi permasalahan yang dihadapi mahasiswa. Di akhir makalahnya, tips menjadi PA yang handal antara lain: Mengetahui semua peraturan dan keputusan yang berkaitan dengan bidang akademis; Menyadari dan mengetahui tuntunan dunia kerja serta factor non akademik yang dituntut para mahasiswa agar mampu menjawab tantangan dunia kerja; Memiliki kemauan dan kemampuan empati terhadap mahasiswa bimbingannya; Menjalin komunikasi dua arah berdasarkan pengenalan terhadap mahasiswa; Membuat perencanaan pendidikan sesuai dengan ciri mahaasiswa dengan tuntutan akademis saat ini dan dunia kerja kelak; Mengenali masalah masalah yang kerap timbul dalam proses belajar mahasiswa.
Pembicara kedua juga dari Fakultas Psikologi UI yaitu Dr. Tjut Rifameutia yang membawakan topik Penasehat Akademik yang Efektif dan Student Learning. Pembicara yang juga Wakil Dekan Bidang Akademik FPsi UI ini langsung menjawab pertanyaan dari peserta workshop, sambil menjelaskan paparannya. Pembicara kedua ini banyak membahas bimbingan dan konseling. Juga disampaikan ketrampilan dasar konselor antara lain Komunikasi interpersonal. Observasi, Empati, Mendengar Aktif, Mengajukan Pertanyaan dan Pemecahan Masalah.
Dalam kesempatan workshop ini juga dibagikan draft Pedoman Bimbingan Akademik PNJ yang disusun oleh Minto Rahayu, SS yang nantinya akan digunakan sebagai pedoman bagi dosen yang bertugas sebagai Pembimbing Akademik. Draft ini masih akan dikaji lagi oleh Tim Perumus yang terdiri dari beberapa dosen. Kegiatan workshop ditutup oleh Pembantu Direktur I dengan memberikan kata penutup bahwa nantinya akan diberikan insentif setiap bulan bagi dosen yang juga ditugaskan sebagai PA.
(prj)


Tidak ada komentar: