Kamis, 13 Mei 2010

PEMILIHAN KARYAWAN BERPRESTASI TINGKAT PNJ TAHUN 2010

Karyawan Berprestasi PNJ 2010

Seperti tahun yang lalu, tahun 2010 ini Politeknik Negeri Jakarta mengadakan pemilihan Karyawan Berprestasi, yang terdiri dari Administrasi Akademik, Pustakawan dan Laboran. Kegiatan ini untuk memilih karyawan berprestasi tingkat Politeknik Negeri Jakarta yang selanjutnya diajukan untuk pemilihan tingkat nasional di Jakarta. Tujuan pemilihan dan pemberian penghargaan kepada Tenaga Administrasi Akademik, Pustakawan dan Laboran berprestasi adalah memberi pengakuan secara nyata, terhadap komitmen pemikiran yang kreatif, inovatif dan tanggung jawabnya dalam melayani urusan administrasi akademik, pelayanan perpustakaan dan pelayanan laboratorium/ bengkel. Pada tahap pendaftaran tercatat 14 peserta yang ikut. Mereka terdiri dari delapan orang administrasi, dua orang pustakawan dan empat orang laboran/ teknisi. Peserta membuat tulisan karya prestasi sesuai dengan bidang tugasnya. Oleh karena itu tahap I peserta mengikuti pembekalan tentang Etos Kerja, Disiplin, Kinerja, Penulisan Karya Ilmiah pada tanggal 10 April 2010.
Selanjutnya tahap kedua, peserta mengikuti Kegiatan Penambahan Wawasan Peserta ke Politeknik Negeri Semarang (Polines) tanggal 28-30 April 2010. Mengapa Polines? Karena Polines sebagai sesama institusi Politeknik yang juga menyelenggarakan kegiatan serupa dan tahun 2009 lalu Polines menjadi finalis Pemilihan Kaprodi Tingkat Nasional. Di Polines peserta dan panitia diterima langsung oleh Direktur Polines dan jajarannya. Peserta mengunjungi bagian yang terkait dan berdiskusi dengan pimpinan dan karyawan Polines. Dari perjalanan tiga hari ke Jawa Tengah dan Yogyakarta ini diharapkan dapat menambah dan memperkaya wawasan peserta untuk dituangkan dalam karya prestasi dalam bentuk portofolio dan siap dipresentasikan di depan reviewer yang terdiri dari pimpinan PNJ dan panitia.
Tahap terakhir pemilihan karyawan berprestasi adalah presentasi peserta di hadapan reviewer yang ditunjuk. Tiap peserta mempresentasikan karya prestasinya selama 10 menit dan diskusi 10 menit. Peserta dinilai berdasarkan kriteria orisinalitas gagasan (karya inovatif); isi dan substansi karya kreatif prestasi, ketangkasan/ kesiapan dalam menjawab pertanyaan, kemampuan menggunakan media presentasi dan pengelolaan waktu presentasi. Penilaian akhir didapatkan dari nilai presentasi dan nilai karya kreatif dalam bentuk tulisan ilmiah dan portofolio.
Dari hasil penilaian presentasi dan penilaian karya prestasi dan portofolio, terpilih sebagai administrasi berprestasi Elya Herawati, SAP; pustakawan berprestasi Adun Nurdiana, S.Sos dan laboran berprestasi Wakidi, SST. Karyawan Berprestasi 2010 Tingkat PNJ masing-masing mendapat piagam penghargaan, uang pembinaan dan Trophy Bergilir yang diserahkan langsung oleh Dr. Illah Sailah Direktur Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendinas RI didampingi oleh Direktur Politeknik Negeri Jakarta dan disaksikan oleh Peserta Sarasehan Politeknik Negeri Jakarta tanggal 12 Mei 2010. Selanjutnya ketiga karyawan berprestasi ini diikutsertakan pada pemilihan administrasi, pustakawan dan laboran berprestasi tingkat nasional di Jakarta.
(prj)

Tidak ada komentar: