Minggu, 14 September 2008

BLOG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN POLITEKNIK

Contoh Blog yang dikelola Kusumo DS, ST, MSi - Dosen Teknik Sipil PNJ

Sebagai pengajar, mungkin kita pernah merasakan betapa sulitnya menjelaskan kuliah pada jam siang di mana mahasiswa banyak yang mengantuk, perhatian tidak terfokus pada kuliah dan sebagainya. Atau ada pengajar yang sulit menjelaskan cara kerja dari scrapper, backhoe atau alat berat yang lain. Cobalah menggunakan sarana Blog untuk membantu menjelaskan cara kerja suatu alat dengan mendownload/ mengunduh dari internet kemudian kita pasang di blog kita. Cara ini diyakini dapat lebih menarik dan memudahkan kita menjelaskan proses kerja alat yang susah kita peragakan hanya dengan gambar atau miniatur alat. Materi yang kita unduh dapat berupa film atau slide. Dengan cara ini mahasiswa akan lebih jelas memahami proses kerja suatu alat dan ‘mungkin’ dapat mengurangi rasa kantuknya.

Blog sendiri awalnya bernama webblog dan sekarang hanya disebut blog saja, menurut isinya blog berisikan kumpulan diary/catatan dari seseorang. kalau dilihat dari sifatnya yang mudah untuk dimodifikasi memungkinkan blog menjadi salah satu pilihan orang untuk memposting tulisan ataupun informasi dari sebuah blog. Dengan mempergunakan blog seseorang bisa kapan saja menambah ataupun merubah isi blognya bahkan dengan cara yang sangat mudah. Sekarang ini blog juga banyak sekali digunakan untuk berpromosi seperti layaknya sebuah web.

Secara tampilan sebuah blog hampir sama bahkan bisa dibilang sama dengan sebuah website. Karena dari sisi template sudah banyak yang menyediakan template gratis yang beraneka ragam juga dengan fasilitas-fasilitas lainnya. jadi layaklah sebuah blog dijadikan sarana pembelajaran.

Blog dilengkapi dengan "Komentar". Komentar merupakan umpan balik atau respon pembaca dari apa yang kita tulis di blog. Bagian "Komentar" ini menjadi komponen penting dari blog karena terjadi diskusi dua arah dan kolaborasi antara penulis dan pembacanya. Jadi dengan blog dapat dijadikan sarana pembelajaran interaktif.

Melalui blog, seorang dosen dapat memberikan tugas besar dan kecil kepada mahasiswa. Mahasiswa dapat meresponnya dengan email dan komentar di blog. Ini semua paperless sehingga tidak diperlukan kertas dan biaya cetaknya yang bisa jadi cukup mahal.

Bagaimana blog itu dibuat? Sangat mudah, cuma diperlukan pengetahuan dasar/ sederhana komputer dan membaca artikel dan buku tentang blog/ web site. Apalagi di Kampus PNJ saat ini dimudahkan lagi dengan sarana hotspot di sejumlah titik strategis mulai bulan September 2008 ini. Artinya jika kita punya blog dapat meng’update’ nya di mana saja. Soal komputerpun tidak menjadi masalah. Sebuah netbook (notebook mungil khusus untuk berinternet) kini dapat dibeli dengan harga yang pantas. Lebih ringan dari manfaat yang akan didapatkannya.

Kecuali dipergunakan untuk sarana pembelajaran, blog juga dipakai untuk mengetahui identitas mahasiswa. Dosen dan mahasiswa yang mempunyai blog pun akan mempunyai keuntungan antara lain:

a. Mengembangkan kebiasaan menulis dan mengemukakan pendapat secara sistematis dan tertulis.

b. Membiasakan diri mengikuti perkembangan IT, karena mengelola blog akan merasa blognya tidak sempurna dan akan berusaha menyempurnakan dengan software terbaru supaya tampilan blognya lebih bagus lagi.

c. Mengetahui identitas mahasiswa dan tingkat kreatifitasnya.

d. Mendidik mahasiswa untuk dapat berjiwa sosial menyebarkan kompetensi yang dimiliki untuk dapat diketahui orang lain.

e. Mengetahui kompetensi yang dimiliki dan mendapatkan informasi tentang pendidikan, pengalaman kerja, tempat kerja dan lain-lain setelah lulus dari PNJ.

f. Melalui blog juga bisa untuk melacak alumni, karena blog dapat ditambah terus datanya sehingga pengalaman dan curiclum vitae dapat diperbarui dan ditambahkan.

Mulailah sekarang dengan blog, maka Anda khususnya dosen dan mahasiswa akan mendapatkan banyak manfaat utamanya untuk pembelajaran.

oleh Immanuel Pratomojati, Staf Pudir I

Tidak ada komentar: